Sabtu, 02 Juli 2011

Makanan Berlemak Perpendek Umur

Kebiasaan ngemil keripik kentang di depan TV memang sulit dihilangkan. Tapi kebiasaan ini tidak baik buat kesehatan Anda. Selain membuat Anda malas bergerak, keripik dan televisi bisa membuat hidup Anda berkurang sebanyak 12 tahun. Sebuah penelitian membuktikannya!

Jika Anda termasuk orang yang sering menghabiskan waktu di depan TV sambil ngemil keripik kentang atau gorengan lainnya, sebaiknya Anda mulai berhati-hati! Mengapa? Karena hasil penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang kurang bergerak atau olah raga memiliki resiko penyakit jantung lebih tinggi. Apalagi hal ini dikaitkan dengan kebiasaan merokok, kemungkinan terjangkit kanker jauh lebih besar.

Menghabiskan waktu lebih banyak di depan TV dan bermalas-malasan di atas sofa juga tidak baik. Selain menyebabkan resiko terkena kanker, kemungkinan hidup seseorang pun dapat berkurang sebanyak 12 tahun. Para peneliti ini telah melakukan survei kepada hampir 5000 partisipan usia dewasa yang ada di Inggris pada pertengahan tahun 1980-an.

Para peneliti ini menitik beratkan pada empat kebiasaan buruk, yaitu merokok, minum minuman beralkohol, malas berolahraga, serta makan makanan berlemak. Para peneliti, termasuk ahli dari Glasgow, Southampton dan universitas Oslo, kemudian mempelajari catatan kesehatan untuk memeriksa berapa banyak orang yang meninggal 20 tahun kemudian dan penyebabnya.

Seorang peneliti bernama Dr Elisabeth Kvaavik, dari University of Oslo menyimpulkan, "Beberapa studi menunjukkan bahwa perilaku seseorang mempengaruhi kondisi kesehatannya. Termasuk merokok, kurangnya olahraga, konsumsi alkohol berlebih dan,kurangnya asupan buah dan sayur berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kanker hingga kematian."

Ngemil di depan televisi juga termasuk dalam kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Tidak hanya membuat Anda malas, penumpukan lemak dari camilan yang Anda makan beresiko mengganggu kesehatan. Meskipun hanya sebungkus keripik kentang. Agar kualitas hidup Anda terjaga , mulailah dengan hidup sehat setiap hari. Pastikan olah raga setiap hari, minimal 3 kali dalam seminggu.

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah dan sayur-sayuran segar. Hindari makanan-makanan berlemak tinggi dan bersodium tinggi. Jika hal ini Anda lakukan secara rutin, kondisi kesehatan Anda akan terjaga dengan baik.


Source: DetikFood - Jun 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...