Selasa, 05 Juli 2011

BROKOLI Sumber Air Untuk Tubuh

Setiap hari tubuh memerlukan air. Kebutuhan air tidak melulu dari air putih, bisa juga dengan makanan-makanan yang mengandung air. Selain bisa memenuhi kebutuhan air setiap hari, nutrisi dalam makanan tersebut dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air dan agar tetap terus terhidrasi atau tercukupi kandungan airnya, minum air putih jadi suatu keharusan. Selain air putih, kebutuhan air bisa dipenuhi dari makanan. Sekitar 20% makanan yang kita makan menyumbangkan air untuk menjaga kelangsungan metabolisme. Beberapa jenis buah-buahan dan sayur mengandung kadar air yang tinggi serta mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

"Seperti makan mentimun sebanyak 3 buah sama seperti meminum air dalam jumlah yang sama, namun dengan nutrisi yang lebih baik," ujar Howard Murad, MD, seorang penulis buku yang berjudul The Water Secret. Beliau juga menuliskan beberapa jenis buah-buahan yang mengandung air tinggi seperti yang ditulis dalam bukunya.

1. Melon dan Strawberry
 

Buah-buahan seperti melon, cantelope, peach dan juga strawberry kaya akan air dan potasium, elektrolit yang sering terbuang bersama keringat. Potasium dan sodium bekerja sama untuk menjaga cairan di dalam tubuh yang membantu kerja jantung dan sirkulasi dalam tubuh.

2. Semangka dan Kiwi
 

Kedua jenis buah ini tidak hanya banyak mengandung air saja, tapi juga kaya akan vitamin C. Terpenuhinya vitamin C menjaga persendian tetap fleksibel serta menjaga kesehatan kulit dari sengatan sinar UV dan penuaan dini.

3. Tomat dan Brokoli
 

Keduanya merupakan jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi pencegah kanker. Meskipun termasuk sayuran, tomat juga bisa disajikan sebagai minuman segar karena kandungan airnya yang tinggi. Sedangkan brokoli, meskipun terlihat tidak mengandung kadar air tinggi, ternyata brokoli justru kandungan airnya mencapai 90% serta senyawa isothiocyanates.

4. Nanas
 

Tidak sedikit orang yang menghindari nanas karena teksturnya yang kasar dan kadang membuat gatal. Padahal di dalam buah nanas terdapat enzim bromelain yang membantu proses pemulihan dan mencegah peradangan sendi serta otot.

5. Yoghurt dan Kefir
 

Keduanya bukanlah sayuran ataupun buah-buahan. Tapi kedua jenis minuman ini cukup memasok kebutuhan air. Prebiotik yang ada di dalam yoghurt menjaga kekebalan tubuh dari serangan virus dan bakteri penyakit.

Source: DetikFood - Jul 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...